Skip to main content

Bekerja Bagi Kebaikan Bersama

Disadari atau tidak, terkadang kita hanya memperhatikan diri kita sendiri. Apa yang kita lakukan hanya untuk kepentingan diri kita. Bahkan, apa yang kita doakan juga hanya untuk kebaikan diri kita sendiri. Yah... Paling pol buat keluarga kita. Buat orang lain? Nanti dulu. Lihat dulu siapa orangnya dan ada keuntungan untuk kita atau tidak. Malah terkadang yang terjadi adalah kebalikannya: lihat dulu ada keuntungan untuk kita atau tidak, baru lihat siapa orangnya. Padahal kita, manusia, adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Kita membutuhkan relasi dengan orang lain.

Yesus pun mengetahui hal itu dengan jelas. Oleh karena itulah, dalam Yohanes 17:20-26 Yesus berdoa kepada Bapa-Nya agar orang-orang yang percaya kepada-Nya, yang termasuk di dalamnya adalah kita, menjadi satu sama seperti Yesus dan Bapa-Nya adalah satu. Tidak hanya itu, Yesus juga berdoa agar kita selalu merasakan kasih dan kehadiran Yesus di mana pun kita berada, dalam apa pun yang kita lakukan. Hal ini diinginkan, bahkan didoakan oleh Yesus karena Ia menginginkan kebaikan terjadi dalam kehidupan umat manusia. Yesus tidak ingin kita hanya memperhatikan diri kita sendiri, melainkan juga memperhatikan orang-orang lain. Tidak hanya bekerja bagi diri kita sendiri, melainkan bagi kebaikan bersama, kebaikan seluruh umat manusia.

Jika kita bekerja hanya demi diri kita sendiri, kita mungkin akan menjadi seorang yang terkenal, namun kita tidak akan pernah menjadi seorang manusia yang sejati. Kita akan mengalami kebahagiaan, namun sifatnya semu, dangkal, terbatas, dan egois. Akan tetapi, jika kita mau bekerja demi kebaikan bersama, mungkin kita tidak akan terlalu terkenal, tapi kita akan menjadi manusia yang sejati. Kita juga akan mengalami kebahagiaan yang tak akan pernah habis, karena kebahagiaan kita terletak dalam kebahagiaan seluruh umat manusia.

Jadi, mana yang akan kita pilih: bekerja bagi diri kita sendiri atau bagi kebaikan bersama? Semoga pilihan kita memberikan kebahagiaan bagi kita. Amin.

by: ckk ^_^
9 Mei 2013
kamarku ~ Jombang
sekitar pk 21.00 WIB

Comments







Instagram