Skip to main content

Sang Hikmat Penyata Allah

"Tak kenal maka tak sayang. Sudah kenal, lalu terbayang, dan timbulah rasa sayang." Inilah ungkapan yang sering digunakan orang untuk menyatakan betapa pentingnya arti sebuah pengenalan akan sesorang. Dan dalam hal ini kita berbicara tentang pengenalan akan Allah. Jika kita tidak mengenal Allah, apakah mungkin kita bisa mencintai Dia lebih dari apa pun? Apakah mungkin kita bisa mencintai seseorang yang tidak kita kenal dengan sungguh-sungguh? Sepertinya tidak!

Itulah salah satu alasan Roh Kudus dianugerahkan kepada kita, yaitu agar kita benar-benar mengenal Allah kita, agar kita tidak salah dalam mengenal Dia. Tidak hanya itu, tetapi juga agar kita memahami kebenaran yang saat ini belum dapat kita tanggung sendirian tanpa kehadiran Roh itu (Yohanes 12-13). Apalagi dalam Roma 5:3b dikatakan bahwa "kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita", yang secara tidak langsung hendak mengatakan bahwa jika kita hidup di dalam kebenaran maka kita tidak hanya akan mengalami hal-hal yang enak saja, tetapi kita juga akan mengalami kesengsaraan. Inilah salah satu kebenaran yang hendak dinyatakan oleh Roh kepada kita. Dan kebenaran lain yang hendak Roh nyatakan kepada kita adalah Allah mengizinkan kesengsaraan menghampiri kita bukan karena Allah tidak mencintai kita, tetapi justru karena Dia sangat mencintai kita. Mengapa? Karena "kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan; dan pengharapan tidak mengecewakan." (Roma 5:3b-5a).

Kesengsaraan adalah salah satu berkat yang kita dapatkan di dalam Kristus. Karena kesengsaraan membuat kita semakin rindu mencari dan mengenal Dia, serta semakin berserah hanya kepada Dia. Dan dalam kesengsaraan itu kita tidak sendirian, karena ada Roh Kudus yang setia menghibur dan membantu kita untuk memahami kebenaran Allah. Agar kita tetap tekun, tahan uji, dan tidak kehilangan harapan. Sehingga pada akhirnya kita akan hidup dalam damai sejahtera dengan Allah.

Jadi, siapkah kita menerima penyataan kebenaran Allah melalui Sang Hikmat?

by: ckk ^_^
23 Mei 2013
kamarku ~ Jombang
sekitar pk 23.00 WIB

Comments







Instagram