Skip to main content

Manusia dan Emosinya

Mengelola emosi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak orang gagal dalam usahanya. Dan tidak sedikit yang menyerah lalu membiarkan emosinya meledak-ledak tak terkendali dalam beberapa maupun segala situasi.

Emosi di sini tentu bukan hanya emosi yang negatif, seperti kesedihan, kekecewaan, kemarahan, dan sebagainya. Tapi juga emosi yang positif, seperti kebahagiaan, kekaguman, kebanggaan, dan sebagainya. Mengapa demikian? Mengapa emosi yang positif pun harus kita kelola dengan baik? Karena segala sesuatu yang berlebihan selalu menghasilkan sesuatu yang tidak baik; tidak peduli seberapa buruk atau seberapa baik sesuatu itu. Seperti makanan yang baik untuk tubuh kita, yang jika kita konsumsi berlebihan dapat membuat kita merasakan berbagai ketidaknyamanan mulai dari yang ringan sampai yang berat; demikian juga emosi pada diri kita.

Terlalu bahagia karena sesuatu tentu tidak baik, apalagi terlalu sedih karena sesuatu. Keduanya dapat membuat kita lupa akan penyertaan dan kasih setia Allah dalam kehidupan kita. Terlalu bangga akan sesuatu dapat menjadikan kita seorang yang sombong. Sebaliknya, terlalu kecewa akan sesuatu dapat membuat kita berbalik arah dari Allah dan perlahan meninggalkan-Nya.

Masih banyak efek samping yang dapat dan akan kita peroleh dari emosi yang tidak terkendali. Oleh karena itu, penting untuk mengelola emosi dengan baik. Memang tidak mudah. Tapi, bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Setiap manusia pasti bisa melakukannya jika mau berusaha dengan sungguh-sungguh.

by: ckk ^_^
23 Desember 2015
kamarku, Sidoarjo
sekitar pk. 00.55 WIB

Comments







Instagram