Skip to main content

Peka dan Peduli

Aku tak ingin membuatmu bersedih,
Menangis,
Kecewa,
Marah.
Tapi…
Aku juga tak ingin berpura-pura,
Menyembunyikan diriku,
Menjadi orang lain.

Mungkin caraku salah;
Aku terlalu tegas,
Terlalu keras,
Terlalu kasar.
Tapi…
Aku hanya ingin mengajakmu untuk lebih peka,
Lebih peduli,
Pada apa dan siapa yang ada di hadapanmu,
Apa dan siapa yang ada di sekelilingmu.

Ya!
Peka dan peduli.
Tak mampukah kamu memilikinya?
Tak mampukah kamu melakukannya?

Aku tak ingin memaksamu untuk memilikinya,
Apalagi untuk melakukannya.
Tapi…
Aku juga tak tahan jika kamu tak mau memilikinya,
Tak mau melakukannya.

Aku tahu di lubuk hatimu yang terdalam, kamu memilikinya.
Kamu peka dan peduli.
Hanya…
Kamu tak ingin mencurahkannya,
Tak ingin menyatakannya,
Pada apa dan siapa yang ada di hadapanmu,
Apa dan siapa yang ada di sekelilingmu.

Peka dan peduli.
Dua hal yang terkesan tak mudah untuk dimiliki,
Untuk dilakukan.
Tapi…
Sebenarnya mudah.
Sangat mudah.
Tak ada resep khusus untuk menjadi peka dan peduli.
Kamu hanya perlu peka dan peduli.
Peka...
Dan peduli...
Memiliki empati pada apa dan siapa yang ada di hadapanmu,
Apa dan siapa yang ada di sekelilingmu.

Aku tegas dan keras karena aku peduli padamu.
Tapi…
Mungkin aku kurang peka dalam menyatakan kepedulianku,
Mencurahkan isi hatiku,
Dan itu menyakitimu.

Maafkan jika caraku salah;
Aku terlalu tegas,
Terlalu keras,
Terlalu kasar.
Aku hanya ingin peka dan peduli kepadamu,
Ingin mengajakmu untuk peka dan peduli,
Pada apa dan siapa yang ada di hadapanmu,
Apa dan siapa yang ada di sekelilingmu.
Peka…
Dan peduli…
Hanya itu.
Tidak lebih.

by: ckk ^^

Comments







Instagram